Crochet

Rabu, 25 September 2013

Suntik endrolin ke-2

Ya, tiba saatnya aku meneruskan terapi kista endometriosisku dengan melakukan suntik endrolin yg ke-2.

Sejak suntik endrolin ke-1 sampai mau melakukan suntik endrolin ke-2 aku belum datang bulan juga. Sempat juga tespack tapi ya seperti biasanya tetap bergaris satu... ya sudahlah...

Menurut dokter memang belum datang bulan dikarenakan efek suntik endrolin ini... aku sempat bertanya mungkin gak kalau sedang terapi endrolin terjadi kehamilan, dan menurut dokter sangat kecil sekali.... tapiii sempat ada satu kasus yang ditemukan sang dokter yang hamil pada saat terapi, namun itu karena sudah beberapa kali melakukan terapi...

Hmmm oke lah... jadi kesimpulannya aku tetap harus melakukan suntik endrolin, padahal sempat ada harapan aku gak usah melakukan suntik lagi karena hamil... hehe... ternyata tetap allah masih menyuruh aku untuk berusaha... Oh iya suntik endrolin ini harganya Rp 1.402.000,- .... haha mahal yaa.... dan aku juga dikasih obat suplemen bee propolis yg harganya Rp150.000 untuk satu bulan...

Mengenai hasil tes sperma suamiku, dokter hanya memberikan obat saja, tidak memberikan rujukan ke doktor androlog seperti perkiraanku, seperti sudah aku sebutkan di post ku sebelumnya, suamiku dinyatakan terazospermae, yakni spermanya banyak yang cacat... Suamiku diberi dua macam obat, yang harganya lumayan mahaal dong yaitu alerten   Rp 426.000,- dan Zeman Rp 297.000,- keduanya harus diminum selama kurang lebih 2,5 bulan. Dan harga diatas itu hanya untuk satu bulan doang. Kedua obat itu adalah suplemen dan anti oksidan. Kenapa diminum 2,5 bln? karena menurut dokter, siklus sperma tuh sekitar 70 hari... jadi setelah 70 hari akan ganti...

Jadi total habis sekitar 2,4 juta dong.... Haha... mahal ya kamu de'... nanti klo kamu udah lahir kamu harus baca nih perjuangan ayah dan ibu....

Setelah ini aku disuruh HSG... tapi itu nanti kalau sudah datang bulan... karena HSG itu dilakukan pada hari ke-9 haid...

Huff.... semangat yuk ah... ingat Allah hanya menyuruh aku berusaha sedikit  lagi....


36 komentar:

  1. Salam Kenal ya ^_^
    Aq lagi browsing tentang endrolin..eh , malah nyasar k'sini ...alhamdulillah (Sama-sama pejuang kehamilan,he) :-p
    Mba, aq mo kenal lebih deket nh, bisa inbox aq nggak WA BBM atau apalah ... fast respon yaw ..maacih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bun sy jua pejuang senasib kita Bun aku pengen terapi endrolin berapa kali suntikan baru terwujud cita2ku

      Hapus
  2. salam kenal jg..
    saya baru saja mlkkn operasi LO kista endo..semua adalah kehendak alloh.stlah LO kmren tgl 26 November sy suntik Endrolin,dan rencana tgl 28 Des ini suntikan kedua.
    disaat semua saudaraku,iparku pada bahagia dg buah hati mrk.kami hrs terus bersabar menunggu.untuk melengkapi ikhtiarku,makanya tgl 21 Nov 2015 sy mlkkn LO,tujuanx agar impianku punya momongan tak ada sandungan dan kami sehat dalam menunggu masa2 indah itu.usiaku tak lagi muda.smg tuhan mengabulkan impian kami.
    sy menikah 2008 dan skrng sdh 2015 ahir.-+ 7 thn kami mnunggu.
    he..he..he..jd curhat dech.
    buat sahabat pembaca yg senasib,"terus berjuang dan jgn lelah memohon pd yg maha kuasa,yg terpenting,apapun kehendaknya allah adalah hal yg harus kita terima dg ikhlas dan sabar.
    wassalam

    BalasHapus
  3. Sama kita bun. Saya juga lagi berjuang. Saya juga habis laparoskopi kista endometriosis. Kadang minder kalo ngumpul2 keluarga. Rata2 udah pada gendong anak. Hehehehe tapi tetep sabar juga dan terus berusaha. Semoga allah mengabulkan.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skarang masih terapi apa bun setelH laparoskopi

      Hapus
    2. Saya suntik endorlin cuma 1 x aja bun. Ini lagi program hamil langsung.

      Hapus
    3. Sekali suntik ajah bun.. oiyah bunda laparos dulu yah.. skrg promilnya apa bun??

      Hapus
    4. Iya bun saya laparoskopi, 1 x suntik aja. Operasinya tgl 10 februari tgl 12 saya mens. Bulan maret gak mens, bulan april saya langsung program hamil. Sebulan program saya hamil bun, tapi gak bertahan lama 7 minggu keluar lagi dia. Ini langsung program hamil lagi. Mudah2 an kali ini berhasil dan bertahan sampe lahiran

      Hapus
    5. Iya bun saya laparoskopi, 1 x suntik aja. Operasinya tgl 10 februari tgl 12 saya mens. Bulan maret gak mens, bulan april saya langsung program hamil. Sebulan program saya hamil bun, tapi gak bertahan lama 7 minggu keluar lagi dia. Ini langsung program hamil lagi. Mudah2 an kali ini berhasil dan bertahan sampe lahiran

      Hapus
    6. Semoga lekas hamil lagi yah bun lancar dan kuat sampe lahir.. aq bln ini ga haid bun suntik pertama aq teep haid pas yg ke 2 ini aq ga haid.. semoga setelah suntik ke 3 evaluasinya kista q hilang dan bisa lanjut ke tahap promil lagi... Aq 3thn promil selalu ga berhasil bun,

      Hapus
    7. Indung telur saya cuma tinggal 1 bun. Saya program di pekanbaru. Cuma rutin minum habbatusaudah alhamdulillah banyak pasien nya yg berhasil bun.

      Hapus
    8. Semoga bun,, klo aq suami jg spermanya asteno bun.. jd 2nya sama" harus berobat..

      Hapus
  5. Qta sama bun... Aq lagi terapi endrolin ini udah suntik yg ke 2x bln dpn suntik yg ke 3 lalu bln berikutnya baru evaluasi perubahan kistanya.. salam kenal bunda"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kbrnya skrg bund?
      Apakah sdh berhasil hamil stlh di suntik endrolin?
      Soalnya skrg saya lg ikhtiar dgn suntik endrolin. Trimakasih

      Hapus
  6. Salam kenal,,, saya lagi browsing tentang suntik endrolin. Habis operasi kista 2 minggu yang lalu. Bagaimana ya rasanya suntik endrolin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti suntik biasa aja bun. Kemaren saya dapat suster yg pinternya jd gak terasa waktu di suntik padahal jarumya lumayan gede. Tapi bismillah aja lah. Namanya perjuangan bun. Sesakit apapun kita jalani aja.

      Hapus
    2. Seperti suntik biasa aja bun. Kemaren saya dapat suster yg pinternya jd gak terasa waktu di suntik padahal jarumya lumayan gede. Tapi bismillah aja lah. Namanya perjuangan bun. Sesakit apapun kita jalani aja.

      Hapus
  7. Salam kenal bun. Saya juga pasien endrolin. Hari ini mau suntik yg ke 3. Ada kista 2 cm. Setelah suntik ke 2 di evaluasi kistanya masih tetap berukuran 2 cm. Pada suntik k 2 ini mens saya ga datang. Suntik pertama ada. Bissmillah untuk suntik ke 3, semoga allah menetapkan hasilnya dg + pada setelah suntik ke3 ini.amin. kita sama2 berdoa y bun.

    BalasHapus
  8. saya lagi browsing endrolin dan sperti menemukan kel besar senasib d sini.dulunkista saya suda d laparoscopy.slanjutnya endometriosis dr tebal 3,5cm suda habis...slanjutnya promil insem ke2 ternyata blum bhasil, harus kuretase..stlah diperiksa jaringan sisa kuret, disimpulkan hiperplasia endometrium dan skrg dbersihkan dengan tapros yg susah bnget dptnya jd diganti endrolin...dosis di buat 3x inject per 28 hari. Mohon info apa suntikny di pantat jg kah? semoga usaha kita berhasil ya bunda-bunda...stlah jaringan dimaksud bersih,dokter br mau mulai proses bayi tabung..

    BalasHapus
  9. saya lagi browsing endrolin dan sperti menemukan kel besar senasib d sini.dulunkista saya suda d laparoscopy.slanjutnya endometriosis dr tebal 3,5cm suda habis...slanjutnya promil insem ke2 ternyata blum bhasil, harus kuretase..stlah diperiksa jaringan sisa kuret, disimpulkan hiperplasia endometrium dan skrg dbersihkan dengan tapros yg susah bnget dptnya jd diganti endrolin...dosis di buat 3x inject per 28 hari. Mohon info apa suntikny di pantat jg kah? semoga usaha kita berhasil ya bunda-bunda...stlah jaringan dimaksud bersih,dokter br mau mulai proses bayi tabung..

    BalasHapus
  10. Saya juga pejuang bun, kista endometriosis saya sudah sebesar 7cm, dan dr kandungan saya menganjurkan operasi, akan tetapi sebelum operasi saya harus menjalani terapi suntik endrolin selama 3x untuk 3bulan, 1x suntik haid saya msh normal, ke 2x suntik saya belum juga haid dan saya sudah suntik yg ke 3x nya msh belum haid juga...saya was was pertanda hamil kan atau efek dr suntik endrolin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakabarnya skrg bund?
      Apakah bunda sdh punya momongan? Kbtulan skrg saya juga lg suntik endrolin. Trimakasi n salam kenal

      Hapus
  11. Saya juga pejuang bun, kista endometriosis saya sudah sebesar 7cm, dan dr kandungan saya menganjurkan operasi, akan tetapi sebelum operasi saya harus menjalani terapi suntik endrolin selama 3x untuk 3bulan, 1x suntik haid saya msh normal, ke 2x suntik saya belum juga haid dan saya sudah suntik yg ke 3x nya msh belum haid juga...saya was was pertanda hamil kan atau efek dr suntik endrolin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Cindy... ukuran kista kita sama.Saya juga dianjurkan untuk suntik dlm 3x utk 3bln.Dan seminggu lagi br suntikan ke 2,suntikan pertama sy mash datang bulan... Apakah mbak Cindy sekarang sudah dapat momongan? setelah promil sebagai suntikan terapi endrolin tahun kemarin??

      Hapus
  12. Bun klo ada yang butuh endrolin call sy y di 081226263000, harga kalbe, ini saya bukan medrep, sy terlanjur beli sendiri untuk suntik terakhir, tp tnyta obatnya di cover asuransi. Ini masi ada kuitansi dari apotik (asli)

    BalasHapus
  13. Disini yg kena endometriosis udh pada berkeluarga, lah aku nikah aja belum udh ada endometriosis 8cm πŸ˜₯ rasanya suntik emdrolin sakit ga sih bun ?
    Info dr SpOG yg nangangin aku, harus suntuk endrolin 2x sebelum operasi dan 4x sesudah operasi.

    BalasHapus
  14. 25 agustus kemren aku op kista ovarium lumayan 7cm.kmudian 5 hri berikutnya aku suntik endrolin.bulan pertama aku mendapat menstruasi 7 hari,nmun sampai bulan ini aku masih blm mendapat menstruasi..jdi was was apakah ini petanda hamil atau masih ada reaksi suntik tersebut?. Dan satu lagi efek dari suntik endrolin selain dari tidak mens atau ada yg lain. Jujur kondisi selama suntik endrolin badan jd makin kurang fit.

    BalasHapus
  15. Halo bunda2 semua... saya malah belum nikah. Didiagnosa endo. Dari obsgyn saran endrolin 4-6x dalam sebulan. Tapi saya belum ambil keputusan. Apakah suntik endrolin bisa benar2 sembuh bun? Aku malah takutnya setelah suntik tapi kambuh lagi

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Saya ada kista 8cm dan 4cm yg posisinya nutupin rahim,makanya sudah 5th menikah,kami blm dikaruniai buah hati. Dokter kandungan menyarankan utk laparoskopi. Akhirnya saya oprasi laparoskopi tgl 9 Juli 2018 kemarin.Dan dr oprasi tsb br diketahui ada miom juga yg posisinya dibelakang kista yg 8cm,jadi wktu pemeriksaan tdk tau klo ada miom juga yg besarnya 4 atau 5cm juga πŸ˜….Akhirnya semua kista dan miom diambil.Hasil pemeriksaan kista tsb, kata dokter itu jenis kista yg gampang kambuh,shg saya disarankan suntik endrolin,untuk menekan pertumbuhan kmbali kistanya,semoga udah minggat jauh2 itu penyakit dan ga balik lagi,amin! BTW,harga obatnya 1.6jt,ya ampunn mahalnyaaa,hehe..tgl 28Juli kmrn saya di suntik endrolin,dokter membuat treatment suntik endrolin 3x,1x suntikan setiap bulan. Jadi kmrn adl suntikan pertama saya,di suntik di pant*t yaa bund,pegelnyaahh 😁.dokter bilang,setelah suntikan pertama,masih bisa ada kemungkinan hamil,(semoga langsung jadi ohh Tuhaaannnn,biar ga usah suntik lagi kan ya). Tp kalau sudah suntikan endrolin yg ke 2-3,biasanya sangat jarang sekali terjadi pembuahan. Karena suntikan ini membuat efek kita menopause SEMENTARA. jadi klo saya suntik 3x,kira2 sampai 6bln kedepan saya akan berhenti menstruasi.Jadi kmrn dokter udah pesen ke suami saya,harap di maklumi klo istri bakalan jd sensitif,baperan,gampang marah,gampang nangis,gampang tersinggung,badan pegel2,dll (tau kan ya syndrome PMS ky gmn πŸ˜€) dan itu mmg terjadi yaa bund,saya jd sensitif dan baperan..haha, itulah efek endrolin yg saya alami. Tp sprti kata dokter,di suntikan pertama masih ada kemungkinan hamil. Jadi hari ini,tepat spt jadwal menstruasi saya,tadi pagi saya ada darah keluar,spertinya bulan ini saya masih mens normal,yg artinya setelah menstruasi,saya masih mengalami masa subur. Doain yaa bunda2 seperjuangan,,semoga saya bisa langsung di kasih momongan setelah ini.. Amin!!Ayo bunda seperjuangan,semangatt terus yaa,minta kekuatan dan penghiburan dari Tuhan dan terus percaya kalau Tuhan pasti akan kasih anak,tepat dan indah pada waktuNYA..aminn

    BalasHapus
  18. Haloo bunda sy mau curhat nih, agustus 2018 sy laporoskopi ada kista sebesar 5cm stelah oprasi sy tdk dianjurkan suntik endrolin, malah dsuruh insem tp mash gagal Allah msh blm kasih rejeki ke saya, dan bulan januari sy haid koq sakit minta ampun, stelah usg trnyata kista sy numbuh lg 5cm, dokter anjurin suntik endrolin sy sudah brjalan yg ke 2 , habis suntik ke 2 malamnya pinggang saya sakittt banget, stiap pagi pinggang dan perut kiri bawah say sakit sekali..mudah2an nnti suntik ke 3 kista sy udh berkurang amiin ya Allah, sy udh 3 tahun menikah blm dikaruniai keturunan,

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum wr wb
    Para bunda bunda seperjuanang. Sya ada miom 5 cm, dokter nyaranin suntik endrolin 3x, 1x setiap bulan biar miomnya mengecil dan kata dokter biar ada tempat bakal janin nempel di rahim, soalnya kemarin2 kata dokter bakal janin susah nempel di rahim gara2 terhalang miomnya. Efek setelah suntik endrolin yg pertama vagina jadi kering, saat berhubungan vagina jadi lecet, luka, perih😭
    Do'ain semoga bulan ini positif hamil biar gak suntik lagi.

    BalasHapus
  20. Bun aku bru selsai oparsi kista dan dianjurkan untuk suntik endrolin 3x tapi aku blm ambl kptsan, boleh gk ya klo gk suntik?

    BalasHapus
  21. Saya jg punya kista 7,7cm sama 3,85cm. Dan saya udh suntik endrolin baru kemaren bnget. Baru 1x suntik. Nih saya jg lagi haid.. kebetulan saya masih sendiri blm nikah bun.. saya mau nanya. Kalo suntik 1x aja gmana itu bun.. dan gk lanjutin suntik.. apakah nanti saya bisa hamil ??? Kalo suntik 1x saja..

    BalasHapus